Search

Laman

Friday, 10 October 2014

PENGARUH PRIBADI DALAM PENGAMBILAN KEPUTUSAN

  Soal dan Jawaban


1.      Untuk produk yang mana dari produk-produk berikut ini anda akan mengharapkan pengaruh pribadi sebagai faktor dalam keputusan pembelian ? minuman ringan, oli motor, sabun pembersih muka, cat rumah, karpet, mesin cuci, handphone, dan kamera digital. Apa alasan anda untuk masing-masing kasus!
Jawaban:
Produk-produk yang mengharapkan pengaruh pribadi menurut kami ialahsebagai berikut :
a.       Minuman ringan, pembelian pada produk ini dipengaruhi faktor pribadi karena berdasarkan pada selera dan kebutuhan yang diinginkan pribadi itu sendiri.  Contohnya saat haus dan panas seseorang akan memilih minuman dingin daripada minuman yang panas atau bersuhu normal.
b.      Sabun pembersih muka, Pembelian pembersih muka memang dipengaruhi dari faktor pribadi konsumen tersebut karena sabun pembersih muka itu harus disesuaikan oleh kulit konsumen itu sendiri dan tidak bisa sembarangan dalam pembelian sabun pembersih dengan manfaat dan kegunaan sesuai kebutuhan kulit masing-masing.
c.       Handphone, pemilihan pembelian handphone biasanya tergantung kebutuhan masing masing individu dalam penggunaan terhadap handphone itu bagaimana kualitas dan fungsi tambahan dari handphone tersebut.
d.      Kamera digital, pembelian kamera digital biasanya tergantung kebutuhan terhadap hobby seseorang untuk memotret dan tidak semua individu membutuhkan kamera digital tersebut.




2.      Untuk masing-masing produk yang didaftar di dalam pertanyaan no 1 apakah anda merasa bahwa mungkin ada variasi antara pengaruh pribadi pada pilihan produk dan pada nama merek ? jelaskan !
Jawaban:
a.       Minuman ringan : pemilihan pembelian produk minuman sendiri memang dipengaruhi faktor individu dan merk sendiri juga mempengaruhi pembelian individu itu sendiri. Minuman ringan memiliki rasa dan manfaat berbeda beda sesuai keinginan konsumen masing-masing. Contohnya : buavita mempunyai beraneka rasa pasti setiap individu mempunyai keinginan dan selera untuk membeli varian rasa apa yang akan di konsumsi oleh mereka.
b.      Sabun pembersih muka : merk sabun cuci muka sendiri beragam apalagi iklan-iklan yang menawarkan produk sabun cuci muka juga sudah banyak dan memikat konsumen untuk mengkonsumsi. Contohnya: sabun cuci muka pons sendiri memiliki aneka ragam varian sesuai kebutuhan kulit wajah konsumen jadi konsumen memilik pons karena sudah terpercaya dan bisa menyesuaikan terhadap kulit wajah mereka.
c.       Handphone : setiap merk handphone mempunya varian tipe dan harga yang beraneka ragam maka dari itu hal tersebut tergantung dari masing masing individu membutuhkan kapasitas, kualitas serta keguanaan seperti apa yang mereka inginkan dan perlukan. Merk samsung contohnya saat ini samsung sudah memiliki aneka ragam tipe yang disuaikan oleh kebutuhan konsumen saat ini.
d.      Kamera digital: Kamera digital sendiri digunakan pada masing-masing individu yang mebutuhkan kamera dalam keseharian atau event tertentu, mereka biasanya memiliki hobi memotret. Pemilihan kamera digital berdasarkan kepada fungsi-fungsi dan keunggulan yang dimiliki oleh kamera tersebut. Misalnya seorang petualang akan memilih kamera yang memiliki keunggulan tahan banting, tahan kedalaman air, dan lainnya. Selain itu pemilihan kamera digital oleh individu sering melihat kepada merk-merk tertentu, hal tersebut karena beberapa merk telah memiliki positioning akan kualitasnya di konsumen.




3.      Untuk pertanyaan no 1 dan no 2. Petakan dalam bentuk matriks hubungan antara pengaruh pribadi terhadap produk dan atau merek yang dipilih berdasarkan kebutuhan dan kemewahan ( pribadi dan umum ). Bagaimana implikasi pengaruh pribadi pada proses pengambilan keputusan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran.
Jawaban:
Kebutuhan

Produk
Pengaruh kelompok acuan lemah (-)
Pengaruh kelompok acuan kuat (+)
Kemewahan
Merk

Pengaruh kelompok acuan kuat (+)
Kebutuhan umum, Pengaruh: produk lemah dan merek kuat
Contohnya: oli motor, cat rumah, oli motor dan cat rumah.
Kemewahan umum, pengaruh produk kuat dan merk kuat,  contohnya handphone, camera digital
Pengaruh kelompok acuan lemah (-)
Kebutuhan Pribadi, pengaruh produk lemah dan merk lemah, contohnya sabun cuci muka dan minuman ringan.
Kemewahan pribadi, pengaruh produk kuat dan merk lemah, contohnya karpet.
Dikonsumsi Pribadi
  
Menurut kelompok kami implikasi pengaruh pribadi pada proses pengambilan keputusan konsumen terhadap strategi bauran pemasaran (4P) dijelaskan sebagai berikut:
a.       Produk
Konsumen dalam memilih produk yang akan dibeli akan melihat dari kebutuhan dan selera yang dinginkan konsumen tersebut. Selain itu keputusan yang diambil berdasarkan pengaruh pribadi akan menghasilkan pemilihan produk yang sesuai dengan apa yang ada pada pribadi tersebut. Contohnya seseorang yang suka rasa apel akan memilih minuman yang berasa apel dibandingkan rasa lainnya.
b.      Price
Pengaruh pribadi dalam keputusan pemilihan produk terjadi berdasarkan informasi mengenai seberapa besar kesanggupan pribadi dalam membeli barang tersebut. Selain itu harga produk yang akan dipilih oleh seorang konsumen akan disesuaikan degnan keinginannya terhadap barang lainnya sehingga akan ada batasan harga yang ditentukan oleh individu dalam mengambil keputusan pembelian.
c.       Place
Pengaruh pribadi juga mempengaruhi tempat pembelian produk oleh individu tersebut. Contohnya seorang yang tak suka hal yang menjijikan atau kotor maka akan lebih memilih beli di supermarket daripada di pasar tradisional yang kotor. Contoh lainnya adalah ketika seseorang akan membeli makanan ringan akan memilih warung yang terdekat karena orang tersebut tak mau jauh-jauh berjalan untuk membeli makanan ringan.
d.      Promosi
Pada kegiatan promosi pengaruh yang diberikan oleh pengaruh pribadi akan memberikan perbedaan bentuk promosi yang dapat mempengaruhinya. Contohnya seorang anak kecil akan terpengaruh oleh iklan minuman ringan yang menggunakan pemain anak kecil atau karakter animasi yang lucu.


 Kesimpulan

Dalam perilaku konsumen pengaruh pribadi memiliki dampak yang sangat besar kepada keputusan pembelian seseorang. Hal ini karena pengaruh pribadi yang diberikan pada keputusan selalu berdasarkan apa yang dibutuhkan dan selera individu sehingga produk yang dipilih nantinya akan memberikan kepuasan dan sesuai dengan apa yang dibayangkan ole individu tersebut.