Search

Laman

Friday, 10 October 2014

Manajemen Pemasaran D3IPB

Laporan Praktikum                              Hari, Tanggal   : Rabu, 24 September 2014
M.K. Manajemen Pemasaran               Kelas               : MAB 3E Prk. 1


STRATEGI PEMASARAN PULPEN FASTER



Disusun oleh :
Kelompok 1
Melyana Diangga P      J3J112068
Mia Yuniar Rahayu     J3J112115
Hilda Risdayanti          J3J112173
Wildan Bagaskoro       J3J112205
Hadid Asykar A.Q       J3J212304

Dosen Pembibing : Leny Lidya



75


PROGRAM KEAHLIAN MANAJEMEN AGRIBISNIS
DIREKTORAT PROGRAM DIPLOMA
INSTITUT PERTANIAN BOGOR
2014

DAFTAR ISI






BAB I
PENDAHULUAN

1.1.            Latar Belakang

Pemasaran barang atau jasa merupakan kegiatan penting yang dilakukan perusahaan. Pada kegiatan ini perusahaan bisa mendapatkan keuntungan dari produk yang dipasarkannya. Dalam setiap kegiatan sebelum memulai kegiatan tersebut perlu dibuat rencana, begitu pula halnya pada pemasaran perlu dilakukan perencanaan pemasaran dengan menggunakan strategi yang kreatif untuk menarik konsumen. Apabila pemasaran sebelumnya tidak direncanakan menggunakan strategi yang baik hanya akan membuat kegiatan pemasaran tersebut tidak berjalan dengan apa yang diharapkan oleh perusahaan
Perencanaan pemasaran dilakukan dengan memilih target penjualan produk. Target ini mencakup kepada segmentasi konsumen yang menjadi sasaran perusahaan. Setelah memilih target penjualan produk dengan memilih kalangan konsumen untuk produk yang di jual. Perusahan perlu melakukan positioning yakni membuat produk yang kita pasarkan berada pada benak konsumen yang di targetkan. Hal seperti ini biasanya dilakukan dengan menggunakan iklan unik dengan tujuan memperkenalkan produk atau mengejak konsumen untuk membeli produk perusahaan.
Selain penargetan dan positioning dalam perencanaan pemasaran jug adilakukan analisis bauran pemasaran atau 4P. Di dalam bauran pemasaran ini dianalisi mengenai produk, harga, penempatan penjualan, dan promosi.
Oleh karena itu pada makalah ini kami membuat contoh perencanaan strategi pemasaran yang dilakukan usaha penjualan Pulpen Faster dengan menggunakan analisis bauran pemasaran dan S-T-P.

1.2.            Rumusan Masalah

Berdasarkan latarbelakang tersebut dapat dirumuskan permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:
·         Bagaimana bauran pemasaran pada penjualan pulpen faster
·         Seperti apa S-T-P pada pulpen Faster
·         Seperti apa strategi pemasaran pulpen faster

1.3.            Tujuan

Tujuan penyusunan makalah ini adalah :
·         Untuk mengetahui bauran pemasaran pada penjualan pulpen Faster.
·         Untuk mengetahui S-T-P pada pulpen Faster.
·         Untuk mengetahui strategi pemasaran pulpen Faster.



BAB II
PEMBAHASAN

2.1.            Pemilihan Produk

Dari hasil kuisioner yang kami sebar ke mahasiswa diploma IPB, dan dari perhitungan respondensi kami, dapat disimpulkan produk yang kami pilih yaitu pulpen faster. Karena kuisoner yang kami sebar, berisikan berupa kelemahan dan kelebihan dari bebagai macam pulpen, feature pulpen, harga pulpen, dan juga pulpen apa yang sering digunakan oleh mahasiswa, serta dimana kebiasaan mahasiswa membeli pulpen tersebut, Adapun jenis merk pulpen yang kami bandingkan, seperti pulpen Standard, Pilot,Jjoyko dan Faster.

2.2.            Deskripsi Produk Pulpen Faster

Pulpen faster adalah pulpen yang diproduksi oleh PT Perdana Kristal Plastik Industri. Pulpen ini merupakan salah satu dari merk pulpen yang banyak dipilih oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Pulpen Faster merupakan produk yang memiliki desain yang menarik.

2.3.            Bauran Pemasaran Pulpen Faster

Bauran pemasaran dari pulpen faster dapat dijelaskan berdasarkan 4P yakni product, price, place, dan  promotion. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai 4P dari produk pulpen faster adalah sebagai berikut:

2.1.1                  Produk

Pulpen faster adalah merk pulpen yang sudah dikenal oleh semua masyarakat khusunya di indonesia, pulpen ini adalah satu-satu nya pulpen yang sangat disukai dan diminati oleh masyarakat karena kualitasnya yang baik dan kenyamanannya. Adapun jenis pulpen yang dimiliki pulpen faster, ialah sebagai berikut :
·         Faster C 6 model cetekan
·         Faster C 600 model buka tutup
·         Faster EC-3 model cetekan

2.1.2                  Place

Pada produk pulpen faster ini, menempatkan produknya untuk dijual diseluruh indonesia, pulpen ini dapat ditemukan disemua tempat mulai dari toko buku besar seperti Gramedia, Kharisma, dll sampai toko buku kecil seperti yang berada di dalam-dalam pasar serta dapat ditemukan di tempat fotocopyan maupun di warung sekalipun.

2.1.3                  Promotion

Promosi yang digunakan pada produk pulpen faster ini ialah menggunakan sistem audio visual yaitu iklan di televisi, pada iklan ini ia menunjukan tingkat kenyamanan dalam menggunakan pulpen faster.  
Promosi yang kedua,  ia menempatkan iklan visual yaitu dengan menempelkan selembaran kertas pada belakang buku tulis dan di belakang sampul buku LKS (Lembar Kerja Siswa). Dengan adanya iklan pulpen faster diatas dapat menunjukan kepada masyarakat yaitu calon konsumen untuk mengetahui dan ingin membeli produk ini.

2.1.4                  Price

Harga yang dipasarkan oleh produsen pulpen faster ini berkisar Rp.3000,00–Rp.4000,00. Menurut kami harga yang dipasarkan sudah tepat karena harga yang dipasarkan disini sesuai dengan tingkat kenyamanan yang dimiliki pulpen faster.

2.4.            Segmentasi-Targeting-Positioning

2.1.5             Segmentasi

Segmen pemasaran yang ditujukan oleh Pulpen Faster berdasarkan :
·         Demografi
·         Psikografi
Secara psikografi konsumen pulpen faster disegmenkan kepada masyarakat yang melakukan kegiatan menulis, mencatat, dan sebagainya. Seperti para pelajar dan mahasiswa, atau orang-orang yang memiliki kebiasaan untuk menuliskan sesuatu pada kertas sebagai pengingat dan orang lainnya yang menjadikan kegiatan mencatat dengan pulpen sebagai kegiatan rutinitas keseharian.

2.1.6             Targeting

Berdasarkan segmentasi pulpen faster diatas dapat dipusatkan bahwa produk ini ditargetkan untuk dipasarkan bagi pelajar baik dari SD sampai SMA, Mahasiswa, Karyawan, dan para penulis lainnya.

2.1.7             Positioning

Produk pulpen faster melekat dikalangan konsumen karena memiliki desain yang berbeda. Selain itu setelah wawancara kepada para pengguna pulpen faster rata-rata mereka memilih pulpen Faster karena enak atau nyaman digunakan.



2.5.            Atribut

Setiap produk penjualan pasti memiliki atribut, atribut ini digunakan untuk mengenalkan dan menyimpan ingatan kepada konsumen mengenai produk yang diperjualbelikan. Pada produk pulpen faster memiliki atribut juga yakni sebagai berikut:
Atribut
Penjelasan
Nama Pulpen
Bertuliskan Faster dan tipe pulpen yang dijualbelikan
Warna batang pulpen
Batang pulpen diberikan warna menarik sesuai dengan target penjualan dari tipe pulpen tersebut untuk menarik perhatian
Warna Tinta
Tinta pulpen memiliki warna yang berbeda contoh hitam dan biru
Ukuran ketebalan pulpen
Ukuran ini dibuat untuk menyesuaikan dengan penggunaan pulpen.
Kardus
Kardus pulpen didesain menarik dengan gambar bentuk pulpen yang ada didalamnya serta warna batang pulpen yang beragam sehingga pembeli dapat mengetahui pulpen yang dibelinya

 




BAB III
PENUTUP

3.1.            Kesimpulan


Pulpen faster adalah pulpen yang diproduksi oleh PT Perdana Kristal Plastik Industri. Pulpen ini merupakan salah satu dari merk pulpen yang banyak dipilih oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Pulpen Faster merupakan produk yang memiliki desain yang menarik.  Pulpen Faster dibuat untuk memenuhi kebutuhan pulpen bagi para penulis seperti pelajar, mahasiswa, karyawan dan penulis lainnya.