Search

Laman

Friday, 17 October 2014

PENGARUH KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

1.      Uraikan apa saja peran anggota keluarga dalam mempengaruhi proses keputusan pembelian konsumen. Berikan contoh masing-masing!
Jawab:
a.       Penjaga pintu (gatekeeper). Inisiator pemikiran keluarga mengenai pembelian produk dan pengumpulan informasi untuk membantu pengambilan keputusan. Dalam membeli televisi yang menjadi inisiator adalah ibu karena
b.      Pemberi pengaruh (influencer). Individu yang opininya dicari sehubungan dengan kriteria yang harus digunakan oleh keluarga dalam pembelian dan produk atau merek mana yang paling mungkin cocok dengan kriteria evaluasi itu. Dalam  keluarga yang menjadi pemberi pengaruh adalah anak
c.       Pengambil keputusan (decider). Orang dengan wewenang dan / atau kekuasaan keuangan untuk memilih bagaimana uang keluarga akan dibelanjakan dan produk atau merek mana yang yang akan dipilih. Pengambil keputusan dalam pembelian televisi adalah Bapak dan Ibu karena saat memutuskan untuk membeli televisi mereka berdiskusi mengenai merek, bentuk dan harga televisi yang akan dibeli.
d.      Pembeli (buyer). Orang yang bertindak sebagai agen pembelian: yang mengunjungi toko, menghubungi penyuplai, menulis cek, membawa produk kerumah, dan seterusnya. Pembeli dari produk televisi yang telah didiskusikan adalah bapak dan ibu karena mereka berdualah yang memutuskan televisi yang akan dibeli.
e.       Pemakai (user). Orang yang menggunakan produk. Pemakai dari produk televisi yang telah dibeli oleh kelurga adalah semua anggota keluarga.
2.      Bagaimana suatu iklan didesain agar menghimbau perbedaan dalam peranan instrumental dan ekspresif di dalam keluarga. Cari masing-masing 2 iklan yang menggambarkannya!
Jawab:
Peran instrumental, yang juga dikenal sebagai peran fungsional atau ekonomi, melibatkan aspek keuangan, karakter performansi, dan sifat “fungsional” lain seperti kondisi pembelian.
Iklan 1 – Lifebuoy anti Dandruff (ver. Sulap keluarga)
Skenario iklan ini menceritakan keluarga yang akan melakukan pertunjukan sulap dan memiliki masalah ketombe yang diatasi oleh ibunya dengan menggunakan shampo lifebuoy anti dandruff.

Iklan 2 – Bebelac (bebestar night award)
pada iklan ini diperlihatkan seorang anak yang mengucapkan terimakasih kepada ibunya karena telah mendukungnya sampai ia menjadi juara. Pada iklan ini diinformasikan bahwa dengan ibu memberikan bebelac sebagai susu anaknya dapat menunjang kreatifitas anaknya sampai juara.
Peranan ekspresif melibatkan dukungan kepada anggota keluarga yang lain dalam proses pengambilan keputusan dan kebutuhan estetik atau emosi keluarga, termasuk penegakan norma keluarga.
Iklan 1 – oreo untuk silaturahmi
Pada iklan ini diperlihatkan adegan saat dua anak yang ditanya ibunya mengenai oleh-oleh untuk keluarga di kampung mereka. Karena bingung dengan banyaknya pilihan ibu tersebut memberikan oreo selection yang menjadi kado oleh-oleh untuk keluarga dikampung mereka. Padahal keluarga tersebut masih dapat membeli satu per satu oreo dengan rasa yang diminati oleh keluarga mereka  namun dengan dukungan dari ibunya pilihan tersebut berganti kepada Oreo Selection.
Iklan 2 – Quaker Oat
Pada iklan ini ditunjukkan seorang ayah yang terkena sakit jantung dan memberikan kekhawatiran kepada keluarganya. Sehingga setelahnya keluarga tersebut memakan Quaker Oats agar jantung mereka sehat. Pada iklan ini ditunjukkan adanya pengaruh dari keluarga kepada sang ayah agar tidak meninggalkan keluarganya sehingga memilih makan Quaker Oats

3.      Apakah ada lebih banyak atau sedikit wanita yang bekerja diluar rumah di masa datang? Variabel apa yang harus dipertimbangkan dalam menjawab pertanyaan ini? Bagaimana jawabnnya mempengaruhi permintaan akan produk konsumen? Berikan contoh iklan struktur keluarga terhadap proses keputusan pembelian konsumen
Jawab:
Menurut kelompok kami wanita yang bekerja diluar  rumah di masa yang akan datang akan lebih banyak. hal ini bisa dijelaskan berdasarkan variabel dibawah ini:
a.       Variabel pendidikan
Dewasa ini banyak wanita yang menjalani pendidikan ke tingkat tinggi dibandingkan dimasa sebelumnya. Tingkat pendidikan seorang wanita yang lebih tinggi cenderung akan membuat wanita tersebut untuk bekerja di luar rumah daripada hanya tinggal dirumah untuk mengurus anak dan rumah tangga.
b.      Gaya Hidup
Gaya hidup merupakan hal yang melekat bagi setiap manusia terutama wanita. Tentunya setiap wanita memiliki gaya hidup yang berbeda-beda. Contohnya saja adalah gaya hidup mewah yang saat ini banyak melekat pada diri wanita. Wanita yang memiliki gaya hidup mewah tentu memerlukan penunjang gaya hidup yang sesuai seperti keuangan yang memadai. Keadaan tersebut menyebabkan wanita untuk mencari uang atau bekerja untuk memenuhi gaya hidupnya.
c.       Kondisi ekonomi
Kondisi ekonomi yang lemah merupakan salah satu alasan wanita untuk bekerja di luar rumah. Hal ini dilakukan oleh seorang wanita untuk membiayai kebutuhan hidupnya yang tidak akan terpenuhi jika ia tidak bekerja. Telah menikah maupun belum menikah mereka akan bekerja untuk menuhi kekurangan ekonomi yang dialaim oleh mereka.
Variabel-variabel tersebut merupakan beberapa variabel yang menyebabkan bertambahnya wanita-wanita yang bekerja diluar rumah. Variabel-variabel tersebut dapat mempengaruhi kepada permintaan akan produk konsumen hal ini dapat dijelaskan sebagai berikut:
a.       Variabel pendidikan
Pengaruh terhadap permintaan akan produk dari variabel ini contohnya adalah pemilihan produk yang dilakukan banyak wanita saat ini lebih dilihat kepada kualitas, kesehatan, dan harga sedangkan pada masa lalu wanita hanya mempertimbangkan kepada kualitas dan harga saja bahkan ada beberapa yang hanya melihat produk dari penampilan dan harganya saja. Hal ini menyebabkan permintaan akan produk yang berkualitas dan tidak membahayakan kesehatan meningkat.
b.      Variabel gaya hidup
Gaya hidup wanita karir atau wanita yang bekerja diluar rumah memiliki gaya hidup yang terjaadwal bahkan kadang dikejar waktu. Hal ini dapat mempengaruhi permintaan akan produk konsumen untuk menyesuaikan dengan gaya hidup tersebut. Contohnya adalah pada produk bahan masakan, karena daya hidup wanita karir yang terjadwal dan memiliki sedikit waktu senggang mereka lebih banyak mencari produk masakan yang cepat dimasak tanpa memerlukan pengolahan yang lama. Hal tersebut meningkatkan permintaan akan produk-produk instan baik mie, nugget, ataupun bumbu masak instan.
c.       Variabel keadaan ekonomi
Keadaan ekonomi yang kurang mencukupi menyebabkan wanita perlu keluar rumah untuk bekerja, tentunya hal ini mempengaruhi permintaan akan produk konsumen. Contohnya adalah pemilihan produk yang dibeli lebih dipertimbangkan berdasarkan kepada jumlah keuangan yang ada. Hal tersebut menyebabkan permintaan produk pokok yang murah namun berkualitas menjadi lebih besar dari pada sebelumnya.

Oleh karena itu permintaan akan produk konsumen saat ini lebih memperhatikan kepada harga, kualitas, dan dampak kesehatannya. Karena semakin banyak wanita yang bekerja diluar rumah akan menambah permintaan produk yang sesuai dengan kehidupan dan ekonomi mereka. Untuk lebih jelasnya mengenai hal tersebut dapat dilihat iklan dari produk Anlene yang memperlihatkan seorang ibu rumah tangga yang juga bekerja diluar rumah memiliki banyak kesibukan. Tentunya hal tersebut dapat mengurangi kewaspadaan ibu tersebut dalam menjaga kesehatannya oleh karena itu dibuatlah produk anlene yang dapat membantu mengisi kebutuhan nutrisi tukang untuk ibu tersebut walaupun ia bekerja tapi dapat tetap memiliki tulang sehat yang kuat.