Search

Laman

Wednesday, 2 December 2015

KEBUTUHAN DAN JENISNYA

Kebutuhan merupakan sesuatu yang mutlak harus dipenuhi, jika tidak dapat menganggu bahkan mengancam hidup. Kebutuhan berbeda dengan keinginan, keinginan meskipun tidak dapat dipenuhi oleh sesorang tidak akan mengganggu atau mengancam hidup. Contoh dari kebutuhan adalah makan, seseorang membutuhkan makan untuk hidup jika tidak makan maka orang tersebut akan terancam mati kelaparan. Kebutuhan manusia ada bermacam-macam, yakni sebagai berikut:

Menurut intensitas kemanfaatannya
  1. Kebutuhan primer, yakni kebutuhan pertama yang harus dipenuhi manusia agar dapat hidup layak. Yang termasuk kebutuhan ini contohnya adalah makan, minum, rumah, pakaian, kesehatan, dll. Di Indonesia biasanya kebutuhan primer disebut kedalam tiga kata sandang, pangan, dan papan.
  2. Kebutuhan sekunder, yakni kebutuhan yang akan dipenuhi oleh manusia ketika kebutuhan primer mereka telah terpenuhi. Contoh dari kebutuhan sekunder adalah perabotan rumah tangga dengan kebutuhan primernya adalah rumah.
  3. Kebutuhan terseier, yakni kebutuhan yang muncul setelah kebutuhan primer dan sekunder terpenuhi. Kebutuhan ini dapat disebut sebagai kebutuhan kemewahan. Biasanya kebutuhan ini dipenuhi oleh manusia untuk menunjukkan prestise atau kebanggaan. Contoh dari kebutuhan tersier adalah perhiasan dan mobil mewah.

Menurut sifatnya
  1. Kebutuhan jasmani, yakni sesuatau yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Kebutuhan jasmani diantaranya adalah makanan dan minuman bergizi, istirahat yang cukup, olahraga untuk kesegaran tubuh, dll.
  2. Kebutuhan rohani, yakni seseuatu yang dibutuhkan seseorang untuk bahagia. Pernahkah anda mendengar seseorang yang kaya tapi stress atau gila, ini karena ia tidak memenuhi kebutuhan rohaninya. Kebutuhan rohani biasanya sering dikaitkan dengankebahagiaan atau kesenangan seseorang. Untuk memnuhi kebutuhan ini seseorang dapat melakukan hobinya, beribadah, berbagi dengan sesama, dll.

Menurut subyeknya
  1. Kebutuhan perseorangan, yakni kebutuhan yang diperuntukkan bagi individu. Kebutuhan ini biasanya berbeda antara seorang dengan orang lain.  Contohnya seorang petani membutuhkan benih, lahan padi, dll. Sedangkan seorang doktor membutuhkan obat, stetoskop dll.
  2. Kebutuhan kolektif, yakni kebutuhan yang kegunaannya dimanfaatkan untuk banyak orang. Contoh dari kebutuhan ini adalah jalan raya, jembatan, dll.

Menurut waktunya
  1. Kebutuhan sekarang, yakni kebutuhana yang waktu pemenuhannya mendesak dan harus dipenuhi saat itu juga tanpa bisa ditunda.
  2. Kebutuhan yang akan datang, yakni kebutuhan yang pemenuhannya dikemudian hari atau dapat ditunda. Biasanya kebutuhan ini berhubungan dengan persediaan dan persiapan.